Apakah saat ini Anda sedang dalam masalah karena stiker meninggalkan bekas pada saat dikelupas? Beberapa jenis stiker memang seringkali meninggalkan bekas pada permukaan objek, apalagi jika stiker tersebut telah tertempel di sana dalam waktu yang cukup lama. Karena itu, Anda membutuhkan cara menghilangkan bekas stiker yang efektif untuk menghilangkan bekas stiker tersebut.

Stiker dengan daya rekat yang tinggi memang sering dijadikan sebagai pilihan. Alasanya, karena stiker tersebut lebih tahan lama dan tidak mudah terlepas. Sayangnya, kekurangan dari stiker tersebut ialah meninggalkan bekas pada saat dikelupas.

8 Cara Menghilangkan Bekas Stiker Paling Efektif

cara menghilangkan bekas stiker dengan aseton

Untuk mengatasi masalah tersebut, izinkan kami membagikan beberapa cara menghilangkan bekas stiker yang cukup efektif untuk dicoba. Ini dia sederet cara menghilangkan sisa stiker pada berbagai permukaan.

Aseton

Umumnya, aseton seringkali digunakan oleh kaum hawa untuk membersihkan kutek pada kukunya. Namun, ternyata cairan yang satu ini juga cukup ampuh untuk menghilangkan bekas stiker, lho!

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menuangkan aseton secukupnya pada sejumput kapas, lalu gosok pada permukaan yang memiliki bekas stiker. Selanjutnya, gosok menggunakan sendok dengan hati-hati.

Cara lain yang bisa Anda lakukan ialah dengan merendam objek pada aseton dalam waktu sekitar 10 menit, sebelum akhirnya menggosoknya menggunakan sendok. Jika menggunakan cairan ini, sebaiknya hindari menggosok langsung menggunakan jari. Pasalnya, aseton dapat memberikan efek yang kurang baik jika terkena kulit.

Benda Tajam

Jika tidak memiliki cairan aseton, Anda juga bisa membersihkan sisa stiker dengan menggunakan benda-benda tajam seperti garpu, pisau, atau bahkan kartu yang sudah tidak terpakai. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan beberapa jenis stiker, seperti stiker kemasan makanan.

Caranya yaitu cukup gosokkan benda tajam tersebut pada permukaan yang tertempel sisa-sisa stiker. Jika Anda menggunakan pisau, psatikan untuk menggunakan bagian tengahnya dan kikis sisa stiker hingga bersih tak bersisa. Ingat, agar berhati-hati saat melakukannya dan jangan sampai terluka.

Penghapus Pensil

Penghapus yang biasa digunakan untuk menghapus goresan pensil pada kertas juga ternyata cukup efektif digunakan untuk membersihkan sisa stiker. Anda bisa menggunakan penghapus pensil biasa untuk menghilangkan sisa stiker pada permukaan keras, misalnya seperti dinding. Penghapus cukup ideal digunakan untuk mengangkat kandungan lem pada stiker.

Tisu Basah

Tisu basah seringkali digunakan untuk membersihkan berbagai noda pada permukaan. Anda juga bisa menggunakan benda yang satu ini untuk membersihkan sisa stiker yang menempel pada permukaan objek tertentu.

Caranya ialah dengan menempelkan tisu basah pada permukaan yang akan dibersihkan selama beberapa menit. Hal ini bertujuan agar sisa stiker bisa menyerap cairan dari tisu basah tersebut. Selanjutnya, gosoklah sisa stiker sampai bersih tak bersisa.

Cuka

Bahan yang satu ini memang memiliki cukup banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Selain bisa dipakai sebagai bumbu pelengkap makanan, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan sisa stiker yang cukup membandel pada suatu permukaan.

Cara menghilangkan bekas stiker ini cukup mudah untuk dilakukan. Langkah pertama, Anda bisa mempersiapkan lap atau handuk. Kemudian, teteskan cuka pada lap atau handuk tersebut. Gosok permukaan yang memiliki stiker menggunakan benda tersebut sampai bekasnya hilang.

Jika stiker masih membandel, Anda bisa menyiramkan cukanya langsung pada bekas stiker tersebut. Selanjutnya, gosok kembali hingga beka stiker itu bersih.

Minyak Goreng

Anda pasti memiliki bahan yang satu ini di rumah bukan? Bukan hanya untuk memasak, tetapi Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan sisa stiker. Caranya yaitu dengan meneteskan minyak langsung pada stiker. Selanjutnya gosok stiker tersebut hingga permukaan bersih.

Anda bisa menggunakan sendok atau pisau pada saat menggosoknya. Dengan menggunakan benda tersebut, gosokan yang dilakukan akan lebih keras sehingga stiker akan lebih cepat bersih.

Selai Kacang

Siapa sangka jika toping makanan yang lezat ini juga bisa dipakai untuk menghilangkan bekas stiker. Hal ini karena, selai kacang mengandung minyak alami yang cukup ampuh digunakan untuk menghilangkan bekas stiker.

Cara menghilangkan bekas stiker menggunakan selai kacang juga sangat mudah dilakukan. Cukup balurkan selai kacang pada sisa stiker, kemudian biarkan sekitar 15 menit. Selanjutnya, lap selai kacang tersebut menggunakan kain bekas atau tisu.

Cairan Pembersih Khusus

Menggunakan carian pembersih khusus untuk membersihkan sisa stiker merupakan cara membersihkan bekas stiker yang paling efektif dilakukan. Cara ini bisa Anda lakukan jika beberapa cara di atas masih belum mempan atau terasa merepotkan.

Cairan ini bisa Anda dapatkan dengan membelinya di toko swalayan terdekat. Untuk pekaiannya, Anda bisa menyemprotkan cairan tersebut pada stiker, tunggu beberapa menit agar sisa stiker dapat terurai, kemudian bersihkan sisanya menggunakan lap atau tisu. Cairan ini sangat efektif membersihkan berbagai jenis stiker, termasuk stiker kemasan makanan.

Setelah mengetahui beberapa cara menghilangkan bekas stiker di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi saat membersihkan stiker. Anda bisa kembali membeli stiker untuk berbagai keperluan di Infinity Label, sebuah jasa cetak stiker yang berpusat di Bekasi yang menawarkan berbagai jenis stiker menarik. Cek produknya sekarang, dan dapatkan pilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

infinitylabel

Author infinitylabel

More posts by infinitylabel

Leave a Reply