Berencana ingin membuat stiker? Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis bahan stiker yang memiliki kualitas terbaik di pasaran. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan stiker yang lebih bagus dan awet.

Pada dasarnya, semua bahan stiker yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang baik. Namun, diantara semua bahan itu Anda bisa memilih salah satu jenis bahan yang paling cocok dengan kebutuhan sehingga fungsi stiker bisa bekerja dengan lebih baik.

Jenis Bahan Stiker Paling Banyak Digunakan di Pasaran

jenis bahan stikerUntuk bisa menentukan jenis stiker mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda, kami aka bahas beberapa pilihan jenis bahan stiker. Selanjutnya, Anda bisa menentukan sendiri jenis bahan mana yang terbaik untuk Anda.

Bahan Kertas

Stiker berbahan dasar kertas merupakan jenis stiker yang paling umum diburu di pasaran. Jenis tiker ini biasanya dipilih untuk keperluan di dalam ruangan. Pasalnya, stiker ini umumnya tidak tahan terhadap air.

Jenis bahan stiker kertas memiliki pilihan yang cukup beragam. Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat stiker kertas seperti HVS, kromo, dan bontax. Ketiga jenis stiker ini sering diburu karena menawarkan daya rekat yang kuat.

Stiker HVS biasanya dipilih untuk perluan label buku tulis. Stiker berbahan kertas glossy biasanya akan dipilih untuk pembuatan stiker logo atau stiker yang biasanya dibagikan pada orang-orang. Sementara itu, stiker bontax umumnya dipilih untuk stiker kemasan produk seperti botol, dus, plastik, atau jenis kemasan produk lainnya.

Masing-masing dari bahan tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya saja bontax, bahan stiker ini memiliki kunggulan dalam daya rekatnya yang sangat kuat tetapi memiliki tampilan yang biasa saja. Karena itu, biasanya akan dilakukan laminasi agar hasil akhirnya terlihat lebih menarik dan awet.

Bahan Sintetis

Stiker berbahan sintetis memiliki karakteristik yang tahan terhadap air, elastis, dan warnanya tidak mudah pudar. Karena itu, jenis stiker ini biasanya sering digunakan untuk keperluan branding ataupun promosi pada berbagai kemasan, termasuk dijadikan stiker kemasan makanan.

Beberapa bahan stiker yang termasuk pada stiker berbahan sintetis diantaranya seperti vinyl dan yupo. Stiker vinyl memiliki keunggulan dengan mampu memantulkan cahaya. Bahan ini biasanya dipakai pada kendaraan. Stiker vinyl juga terdiri dari beberapa jenis, yaitu polymeric, monomeric, dan juga cast.

Bahan stiker sintetis seringkali dijadikan pilihan untuk kebutuhan luar ruangan karena stiker ini memiliki material yang tahan terhadap segala cuaca. Namun, tidak masalah jika Anda ingin menggunakannya di dalam ruangan. Stiker ini tetap akan menjalankan fungsinya dengan optimal.

Bahan Stiker Lainnya

Umumnya, stiker yang paling banyak diminati di pasaran ialah kedua jenis bahan stiker di atas. Namun, ada jenis bahan lainnya yang juga tidak kalah menarik untuk dibahas. Jika kedua stiker di atas berbasis kertas atau sintetis, stiker yang satu ini tidak menggunakan kedua bahan tersebut dalam pencetakannya.

Salah satu contohnya ialah stiker sandblast yang biasanya sering digunakan pada kaca pembatas ruangan. Stiker ini dapat diukir ataupun dibentuk disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan konsumen.

Contoh lainnya ialah seperti bahan stiker foil, stiker ini berbahan dasar aluminium. Selain itu ada juga bahan stiker film yang umumnya digunakan untuk kebutuhan kaca film. Stiker ini biasanya digunakan pada kaca untuk menyaring pancaran sinar matahari agar tidak terlalu terang.

Cara Menentukan Stiker Terbaik

Setelah mengetahui beberapa pilihan bahan stiker di atas, kami mengerti jika Anda masih merasa kebingungan jenis stiker mana yang terbaik untuk Anda. Karena itu, berikut kami berikan secuil tips yang bisa Anda lakukan pada saat memilih stiker terbaik.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memilih stiker sesuai kebutuhan. Dari sekian banyaknya bahan stiker yang ditawarkan Anda bisa memilih satu bahan stiker yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, saat ini Anda membutuhkan stiker untuk kebutuhan kemasan produk makanan. Tentunya Anda juga harus menganalisis terlebih dahulu seperti apa produk tersebut. Jika produk makanan yang akan dipasarkan hanya berupa makanan kering dan tidak berminyak, maka Anda bisa menggunakan stiker berbahan dasar kertas biasa sebagai stiker kemasan makanan.

Sementara itu, jika produk makanan yang akan dipasarkan berupa makanan berminyak atau makanan freeze, maka Anda bisa memilih jenis stiker berbahan sintetis seperti stiker vinyl. Stiker tersebut lebih cocok karena tahan terhadap air dan minyak.

Pasalnya, stiker pada kemasan makanan berminyak dan makanan beku akan lebih rentan terkena minyak dan air. Jadi, diperlukan pemilihan stiker khusus yang tahan terhadap minyak dan air agar stiker kemasan tidak mudah luntur dan rusak.

Pilih Sesuai Harga

Tips berikutnya ialah pilihlah berdasarkan harganya. Pasalnya, ada beberapa stiker yang dijual dengan harga yang cukup tinggi. Jika jenis stiker tidak sebanding dengan harga produk yang dipasarkan, bisa-bisa modal usaha Anda habis hanya untuk memesan stiker saja. Karena itu, pastikan memilih jenis stiker yang sesuai harga.

Itulah beberapa jenis bahan stiker berkualitas yang bisa Anda pilih. Jika Anda membutuhkan stiker berkualitas dengan desain yang menarik, pesan saja di Infinity Label! Jasa cetak stiker Bekasi yang siap mengantar pesanan ke seluruh Indonesia.

infinitylabel

Author infinitylabel

More posts by infinitylabel

Leave a Reply