Penggunaan stiker label plastik klip sudah banyak digunakan para pebisnis untuk memperjualkan produk makanan terutama makanan ringan. Plastik klip memiliki bentuk seperti pouch. Jenis plastik yang satu ini juga sering digunakan di dunia permedisan, yaitu digunakan sebagai bungkus untuk obat-obatan. Pada tahun 1950-an plastik kemasan yang digunakan menggunakan las panas dalam metode penyegelan. Selain las panas, juga bisa menggunakan selotip dan juga staples.

Sayangnya, berbagai cara penyegelan tersebut dinilai tidak efektif. Pasalnya, dengan menggunakan metode las panas, selotip dan juga staples akan membuat berkurangnya tingkat kehigienisan isi produk didalamnya. Sejak munculnya stiker label plastik klip, banyak sekali para pedagang yang memutuskan untuk beralih menggunakan kemasan jenis tersebut. Penggunaan plastik klip ini tidak hanya untuk produk makanan, tetapi juga dapat digunakan produk lainnya.

Jenis Kemasan Stiker Label Plastik Klip yang saat Ini Populer

Plastik klip adalah suatu wadah atau kantong yang digunakan sebagai pembungkus dan mempunyai klip di atasnya yang dapat dibuka dan juga ditutup kembali. Plastik klip ini lebih dikenal dengan bentuk pouch atau bentuk bantal. Namun, seiring berjalannya waktu banyak perusahaan kemasan yang bereksperimen untuk mencipkan varian bentuk kemasan yang baru. Di bawah ini akan dijelaskan jenis plastik klip yang saat ini populer.

1. Plastik Klip Pouch

Jenis plastik yang pertama ini jauh lebih umum digunakan oleh berbagai industri. Seiring berjalannya waktu plastik klip dengan jenis ini semakin banyak memiliki variasi dari segi ukuran dan juga materialnya. Misalnya seperti kombinasi OPP bening dan metalized, material PP super clear yang tampak jelas dan juga tebal, dan masih banyak material yang lainnya.

Plastik klip pouch biasanya digunakan untuk mengemas produk makanan kering. Makanan kering akan tetap aman diletakkan di mana saja, meskipun kemasan jenis ini tidak dapat diposisikan secara berdiri. Salah satu fungsi dari penggunaan plasti klip jenis ini sangat berguna ketika makanan tidak habis dikonsumsi.

2. Plastik Klip Berdiri

Jenis kemasan plastik klip yang dapat berdiri sampai saat ini masih menjadi sebuah keunggulan dari jenis plastik klip yang sebelumnya. Pasalnya, dengan memanfaatkan satu jenis kemasan ini ternyata sudah banyak mendapati keunggulan, misalnya terhindar dari ketumpahan, dapat diletakkan dimana saja, dapat diposisikan secara berdiri dan juga sudah dilengkapi dengan fitur ziplock.

Jenis plastik kemasan yang satu ini dapat memberikan keuntungan dengan cara meningkatkan penjualan karena biasanya banyak dipilih oleh konsumen. Alasannya adalah mudah untuk dibawa kemana saja. Selain digunakan untuk produk makanan yang kering, plastik klip berdiri ini dapat digunakan untuk produk cairan tanpa takut tumpah.

4 Macam Material Plastik Klip

Untuk membuat sebuah kemasan, memang bisa menggunakan berbagai macam jenis material plastik. Namun, usahakan untuk produk makanan jangan sampai salah pilih material. Jika Anda ternyata salah memilih material plastik kemasan, kemungkinan produk yang Anda jual akan terkontaminasi dan di khawatirkan akan membahayakan untuk dikonsumsi. Apalagi salah satu tujuan produk makanan dikemas didalam plastik jenis ini agar tetap higienitas dan tahan lama.

1. Alumunium Foil

Alumunium foil atau sering disingkat alufoil adalah material kemasan yang berwarna silver dan juga tidak mengkilap. Salah satu keunggulan dari material jenis ini jika diterawang dengan menggunakan cahaya tidak akan tembus pandang.

Ciri yang khas dari kemasan yang satu ini adalah terdapat lembaran tipis jika dibakar dengan api. Selain itu, alumunium foil juga memiliki sifat yang mudah keriput dan juga mudah patah. Alumunium foil adalah kemasan kedap udara, sehingga sangat sering digunakan sebagai pembungkus produk makanan dan juga minuman.

2. OPP Bening

Plastik OPP memiliki karakteristik rasa transparansi tinggi vertikal. Plastik yang berasal dari material jenis ini biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti makanan, percetakan, elektronik, pakaian, perhiasan, alat tulis dan masih banyak lagi. Material jenis OPP ini biasanya juga dikombinasikan dengan material yang lainnya.

3. Metalized

Jenis material stiker label plastik klip yang selanjutnya adalah metalized. Sekilas kemasan yang satu ini terlihat sama dengan alumunium foil. Namun, jika Anda perhatikan lebih jelas metalized lebih mengkilap dan juga masih bisa tembus pandang. Kemasan tersebut biasanya digunakan untuk mengemas makanan ringan yang memiliki kadar pati yang tinggi.

Kerugian dalam menggunakan kemasan dengan material metalized yaitu tidak kedap udara, namun cukup melindungi produk dari sinar ultraviolet. Banyak pelaku UKM yang memiliki jenis ini dengan alasan budget yang minim.

4. Super Clear PP

PP atau Polypropylene merupakan material kemasan plastik yang sangat tahan terhadap sebagin asam dan juga basa. Material jenis ini memiliki bahan yang sedikit tebal dan sangat jelas atau transparan, sehingga mampu menampilkan produk lebih detail.

Stiker label plastik klip yang menggunakan material super clear PP direkomendasikan untuk menjual produk snack ringan, abon dan sebagainya. Tidak disarankan untuk produk minuman, karena plastik dengan material tersebut sangat disayangkan tidak cocok untuk produk cairan.

Itulah jenis stiker label plastik klip dan 4 macam materialnya. Untuk menambah daya Tarik, Anda juga bisa memberikan desain yang unik pada stiker label. Stiker label tersebut dapat dipesan dengan menggunakan jasa Infinity Label.

infinitylabel

Author infinitylabel

More posts by infinitylabel

Leave a Reply