Banyak orang yang menjual produknya dengan menempelkan stiker segel thin wall. Sebenarnya banyak yang tidak tau apa kegunaan stiker segel pada kemasan, apalagi bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia bisnis makanan. Secara sederhana, stiker segel berguna untuk memastikan produk yang dijual tidak terbuka dan tetap terjaga kebersihannya sampai nantinya sampai ke tangan konsumen. Karenanya, akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Biasanya, perusahaan besar menggunakan stiker segel sebagai sebuah penanda. Maksudnya, sebagai penanda bahwa produk yang dijual belum dibuka atau dikonsumsi oleh orang lain. Oleh karena itu, stiker segel menjadi komponen yang sangat penting dan sifatnya wajib. Namun, bagi perusahaan kecil penggunaan stiker segel pada kemasan produk yang dijualnya masih sangat jarang.

Pentingnya Stiker Segel Thin wall pada Makanan yang Sering Disepelekan

Stiker segel merupakan sebuah tempelan yang sama dengan jenis stiker lainnya, yang membedakan adalah apabila stiker segel dicabut akan hancur dan tidak berbentuk. Stiker segel thin wall juga mempunyai bermacam-macam bentuk dan ukuran. Dalam penggunaan stiker segel biasanya mengikuti ukuran dari thin wall itu sendiri. Pilihlah ukuran yang pas agar stiker terlihat cocok ketika ditempelkan pada kemasannya.

Dalam setiap kemasan makanan atau minuman biasanya, selalu terdapat tulisan ‘jangan diterima bila segel atau kemasan rusak’. Untuk itulah, penggunaan stiker segel sangat penting karena berpengaruh terhadap kualitas makanan yang ada di dalam kemasannya. Namun, pada stiker segel thin wall masih jarang terdapat tulisan tersebut. Bagi Anda yang belum mengetahui peran penting dari stiker segel, dibawah ini akan kami dijelaskan.

1. Menjaga Kualitas Rasa Dan Tekstur Makanan

Jika Anda sedang memakan produk keripik yang telah dibeli dan ternyata teksturnya sudah tidak renyah lagi, dapat dipastikan Anda tidak akan melanjutkan memakan kripik tersebut. Inilah contoh alasan kenapa penggunaan stiker segel dalam kemasan menjadi sangat penting. Selain menjaga kualitas, stiker segel yang rapat juga akan menghindari dari mikroorganisme kecil yang akan mengontaminasi makanan yang Anda jual.

Dapat dipastikan jika Anda menggunakan segel yang baik, kualitas makanan yang Anda jual akan terjaga pula dengan baik. Jika Anda sebagai konsumen, pastikan terlebih dahulu produk apapun yang dikonsumsi memiliki segel yang baik. Tujuannya, agar kualitas dan tekstur makanan yang ada di dalam kemasan akan tetap terjaga dengan baik dan tidak akan ada pihak yang dirugikan antara konsumen dengan pembeli, karena kemasan dalam kualitas baik.

2. Menjaga Keamanan dan Higienitas

Pentingnya penggunaan stiker label thin wall yang selanjutnya adalah menjaga keamanan dan juga higienitas produk. Higienitas dan juga kebersihan produk makanan yang terdapat dalam kemasan sudah seharusnya diperhatikan. Dengan keamanan dan higienitas yang baik, akan membuat konsumen tidak perlu khawatir terhadap makanan yang ada dalam kemasan tersebut.

Apabila produk yang Anda jual tidak terjaga keamanan atau kebersihannya, dapat dipastikan konsumen yang melihatnya tidak akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Terlebih jika produk yang Anda jual adalah produk makanan.

Hal yang telah disebutkan di atas juga sesuai dengan standar yang diterapkan oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk menghadirkan stiker segel terhadap suatu produk makanan kemasan. Sebagai konsumen, harus selalu waspada dengan produk makanan yag tidak memiliki segel dengan baik. Pasalnya, kemungkinan akan dapat mengganggu kesehatan jika produk tersebut dikonsumsi.

3. Kualitas Segel Ditentukan Dari Material yang Digunakan

Peraturan No.27/2017/ dan Mo.20/2019 merupakan regulasi yang mengatur tentang kualitas segel yang diterbitkan oleh Badan Pengawasan Obat Dan Makanan (BPOM). Hal yang mendasar yang tercantum dalam peraturan BPOM salah satunya adalah sebuah segel harus mampu melindungi makanan atau minuman dalam kemasan.

Misalnya, pada teknologi segel minuman yang mutakhir dan perlindungan ganda telah diterapkan oleh Le Minerale. Produk tersebut melalui proses Mineral Protection System yang tanpa tersentuh tangan, botolnya keras pada saat belum dibuka dan terdapat segel pada kemasannya, membuat kualitas produk tersebut sangat terjamin kebersihannya.

4. Sebagai Tanda Pengenal Produk Makanan yang Dikirimkan

Pentingnya penggunaan stiker segel thin wall yang terakhir adalah sebagai tanda pengenal untuk produk makanan yang dikirimkan. Mengapa stiker segel dapat menjadi tanda pengenal produk yang Anda jual? Karena di dalam stiker segel biasanya menyertakan logo usaha yang bisa menjadikannya sebagai identitas produk.

Selain menyertakan logo, tambahkan juga sedikit informasi yang dapat menggambarkan produk yang Anda jual secara singkat pada stiker label. Ini akan menjadi trademark khusus bagi Anda yang akan dengan mudah dikenali oleh pelanggan hanya dengan melihat kemasannya saja.

Intulah 4 alasan mengapa penggunaan stiker segel pada thin wall pada makanan jangan disepelekan. Pasalnya, banyak sekali fungsi yang dapat menguntungkan dalam menjual produk yang Anda jual. Salah satu jenis segel produk makanan yang banyak dipakai untuk usaha kecil adalah stiker. Sebab siapapun dapat membuat dan mendesain stiker segel thin wall. Namun, jika tidak mau repot, bisa menggunakan jasa Infinity Label untuk membuat stiker label yang dibutuhkan.

infinitylabel

Author infinitylabel

More posts by infinitylabel

Leave a Reply