Branding stiker saat ini merupakan salah satu strategi marketing yang cukup menjanjikan. Sebagai seorang pebisnis, tentunya Anda harus mengerti akan hal tersebut. Pasalnya, di luaran sana pastinya banyak kompetitor lainnya yang juga bergerak dalam bidang bisnis tersebut.

Menggunakan stiker sebagai media branding tentunya bisa jadi sebuah jalan keluar yang cukup efektif untuk membantu membedakan produk Anda dengan pesaing. Selain itu, stiker juga bisa memberikan banyak manfaat dalam proses branding yang Anda lakukan. Lalu, sebenarnya apa itu branding?

Pengertian Branding

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat dari stiker untuk branding, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu branding. Branding merupakan istilah yang menunjukan kegiatan strategi pemasaran dengan tujuan untuk membesarkan nama produk agar dikenal luas oleh masyarakat dan menaikan angka penjualan.

Branding ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya ialah menggunakan stiker label. Stiker ini berupa kertas identitas yang ditempelkan langsung pada kemasan produk. Tujuannya untuk membantu konsumen mengenali produk tersebut dengan lebih mudah.

4 Manfaat Branding Stiker

Seperti yang telah diungkapkan di atas bahwa branding menggunakan stiker itu dapat memberikan beberapa manfaat. Beberapa diantaranya akan kami ulas dalam poin-poin di bawah ini.

1. Sumber Informasi Produk

Perlu diketahui bahwa stiker label bisa menjadi sumber informasi dari produk. Semua informasi penting mengenai produk tersebut akan dicantumkan dalam kumpulan kata-kata yang singkat dan padat.

Karena itu, pada saat sedang membuat desain stiker label, pastikan untuk mencantumkan informasi yang jelas dan lengkap. Beberapa informasi tersebut diantaranya logo, nama produk, merk produk, tanggal kadaluwarsa, komposisi, isi produk, varian produk, dan sebagainya.

2. Call to Action

Manfaat branding stiker berikutnya yaitu call to action. Stiker bisa menjadi salah satu media terbaik untuk menyematkan call to action pada produk. Call to action atau yang juga akrab disebut CTA merupakan kumpulan kata-kata yang dapat mengundang pembaca untuk melakukan transaksi pembelian.

Anda bisa membuat desain stiker label dengan kata-kata menarik untuk menarik perhatian. Cobalah untuk menggunakan ukuran font yang lebih besar pada bagian promosi.  Misalnya, “diskon 90%”, “bonus 1 buah piring cantik”, dan lain sebagainya.

3. Jaminan Keamanan

Selain bermanfaat sebagai media CTA yang tepat, stiker juga bisa menjadi jaminan keamanan dari produk. Manfaat satu ini sepertinya cukup jarang disadari oleh para pebisnis. Padahal, dengan adanya stiker label, nomor BPOM dan tulisan halal bisa dicantumkan dengan lebih mudah.

Sementara itu, jika produk tidak memiliki stiker label pada kemasannya, konsumen pastinya akan mempertanyakan keamanan dari produk tersebut. Mulai dari keamanannya, komposisinya, hingga tempat produksi dari produk tersebut. Hal ini tentunya akan berdampak kurang baik pada angka penjualan Anda.

4. Sumber Petunjuk bagi Konsumen

Seperti yang kita ketahui bahwa stiker label merupakan sumber informasi dari produk. Hal ini juga termasuk pada sumber petunjuk bagi konsumen. Stiker label bisa menjadi media yang tepat untuk mencantumkan petunjuk penggunaan produk.

Selain itu, jika produk yang Anda jual berupa makanan, Anda bisa juga mencantumkan cara pengolahan makanan tersebut agar pembeli bisa mengolahnya dengan langkah yang tepat. Dengan demikian, rasa produk tersebut akan terasa lebih nikmat karena dimasak dengan langkah yang benar.

Ternyata cukup banyak ya, manfaat dari branding stiker itu? Selain memanfaatkan stiker branding, agar penjualan Anda bisa terus meningkat jangan lupa untuk mempertahankan kualitas produk dan pelayanan yang ditawarkan.

infinitylabel

Author infinitylabel

More posts by infinitylabel

Leave a Reply